banner

Bawaslu Goes to Campus UNSERA

Badan Pengawas Pemilu Kota Serang mengadakan kegiatan Bawaslu goes to Campus UNSERA dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” yang menghadirkan Narasumber Budi Hasanah, M.Si selaku Akademisi FISIPKUM, Anggota Bawaslu Provinsi Banten Divisi Humas & Hubungan Antar Lembaga Sam’ani dan Kordinator Divisi Pencegahan & Hubungan Antar Lembaga Rudi Hartono, M.Si. Kegiatan tersebut merupakan sosialisasi Bawaslu untuk Pengawasan Partisipatif pada Pemilu 2019. Sosialisasi dibuka untuk mahasiswa dan dosen UNSERA di Aula Lantai 6 pada Rabu, 10 April 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Inovasi Dr. H. Abdul Malik, M.Si, Dekan FISIPKUM Delly Maulana, M.PA, Kepala BPMI Dr. Deviyantoro, MM, Kabiro Humas Rochmawati, M.TI, Kabiro Kemahasiswaan Drs. Abdul Fatah, MM, jajaran Dosen Fisipkum, Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi, S.Ag beserta anggota.

Dalam sambutan, Wakil Rektor I menyampaikan bahwa sosialisasi ini menjadi tugas kita sebagai warga negara untuk mengetahui apa dan bagaimana Pemilu dalam konteks pengawasan. “bukan hanya persoalan memilih nomor 1 atau nomor 2 dalam Pilpres, namun dalam pemilihan kali ini kita dihadapkan untuk memilih anggota legislatif dan DPD. Karena itu penting untuk kita ketahui, jadi bukan hanya persoalan pemilunya, tapi apa yang menjadi kewajiban kita sebagai warga negara selain partisipasi politik, salah satunya ikut melakukan pengawasan bersama rekan-rekan anggota Bawaslu”, kata Dr. H. Abdul Malik, M.Si

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi, S.Ag menyampaikan bahwa perlu dipahami UDD 7 2017 Pasal 103 mengamanatkan kepada jajaran Pengawas Pemilu untuk dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini ada 3 Fase yaitu Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan. “Kita pada fase pencegahan berupa sosialisasi dan juga kami sudah melakukan himbauan-himbauan mengenai Pemilu baik tersurat maupun tidak, hal ini menjadi upaya pencegahan kami terkait dengan adanya tata cara prosedur atau pun pelanggaran oleh peserta Pemilu,” ujar Faridi, S.Ag

Selain sosialisasi, Bawaslu Kota Serang pun menjalin kerjasama dengan Program Studi Ilmu Hukum UNSERA dengan adanya penandatangan MoU.

(Kiri) Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi, S.Ag, (Kanan) Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fuqoha, M.H