banner

Stadium Generale Bersama Guru Besar UGM

 

SERANG – Prodi Administrasi Publik Universitas Serang Raya menggelar kegiatan Stadium Generale di Kampus Terpadu Universitas Serang Raya dengan tema “Politik dan Reformasi Kebijakan Publik”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Serang Raya Dr. H. Abdul Malik, M.Si, Wakil Dekan FISIP Unsera Delly Maulana, MPA, Ka Prodi Administrasi Publik beserta Dosen dan mahasiswa Administrasi Publik.

Problematika kebijakan publik dan birokrasi di Indonesia menjadi salah satu pembahasan yang disampaikan oleh Guru Besar Administrasi Publik Universitas Gajah Mada Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA selaku narasumber dalam Stadium Generale.

Agus Pramusinto mengatakan mentalitas pengambilan kebijakan dan aparat birokrasi yang cenderung sebagai pangreh praja (penguasa) dan belum sebagai pelayan publik menjadi beberapa persoalan yang kian terjadi di dalam pemerintahan Indonesia saat ini, bahkan kebijakan dan aparatur birokrasi yang cenderung berwawasan local, sementara tantangan global terabaikan.

“Persoalan yang memang belum terselesaikan di Indonesia sendiri adalah memang mengenai kebijakan dan birokrasi yang selalu dirasa mempersulit masyarakat itu sendiri,” ujarnya